----

---

Minggu, 05 Mei 2013

Sejarah Sepak Bola Indonesia

[Sejarah Sepak Bola Indonesia >>Dari tahun ke tahun]

Era 1950


       Sejarah Sepak Bola Indonesia >> Setelah era Perang Dunia II, pada tahun 1945, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan mereka pada tanggal 17 Agustus 1945.
Setelah itu, sepak bola Indonesia maju di Asia. Mereka berhasil lolos ke Olimpiade Melbourne 1956. Indonesia berhasil melaju ke perempat final dan bertemu dengan raksasa dunia seperti itu, ketika Uni Soviet yang dikapteni oleh kiper terbaik dunia pada saat, Lev Yashin. Ketika mereka berhasil menahan Uni Soviet 0-0.Tetapi pada akhirnya Indonesia harus kalah dengan skor 4-0 pada set kedua. Prestasi ini adalah prestasi tertinggi dalam sejarah sepak bola Indonesia di Indonesia.
Sejarah Sepak Bola Indonesia



      









Timnas Indonesia 1950 an

Pada tahun 1958, Indonesia juga merasakan hasil terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 1958 di mana Indonesia mengalahkan China di babak pertama. Tapi mereka menolak bermain melawan Israel di babak kedua karena alasan politik. Sejak itu, Indonesia tidak pernah berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia sampai 1970.
Menariknya, setelah berlaga di kualifikasi Piala Dunia, Indonesia meraih medali perunggu di Asian Games 1958 setelah pertandingan ketiga berhasil mengalahkan India 4-1.

Era 1960-1970

        Di era ini, Indonesia lahir pemain sepak bola terkenal di Asia, antara lain Soetjipto Soentoro, Max Timisela, Jacob Sihasale, Kadir, Iswadi Idris, Andjiek Ali Nurdin, Yudo Hadianto, dll. Di antara mereka yang paling fenomenal adalah Soetjipto Soentoro. Dia adalah pemain paling sukses di Indonesia untuk membawa Indonesia menjadi raja sepakbola Asia.
Ketika itu Indonesia berhasil memenangkan banyak turnamen Merdeka Tournament 1961, 1962, 1969, Agha Khan Piala Emas 1966, dan 1968 Piala Raja. Indonesia juga meraih medali perak di Asian Games 1966.
 Sejarah Sepak Bola Indonesia
Timnas Indonesia 1960

  
        Indonesia bahkan ada pemain yang dipanggil untuk menjadi bagian dari AFC Asian All Stars di skuad 1967-1968. Soetjipto Soentoro mereka bertindak sebagai striker bayangan serta kapten, Jacob Sihasale sebagai penyerang tengah, Iswadi Idris bertindak sebagai penyerang sayap kanan, dan Kadir sebagai penyerang sayap kiri. Pada saat itu, mereka adalah kuartet tercepat yang pernah dimiliki Indonesia.

1970-1990-an era

        Era ini adalah era di mana sepak bola masih yang terkuat negara Indonesia di Asia. Indonesia berhasil memenangkan Piala Sport Festival 1972 di Singapura untuk terakhir kalinya. Namun, Indonesia telah menang ketika mereka mengalahkan tim dari Amerika Latin, Uruguay.
Indonesia ketika mengalahkan Uruguay dengan skor 2-1. Untungnya pada saat itu, Indonesia memiliki pemain yang sangat berbakat yang memenuhi syarat sebagai Ronny Paslah, Sutan Harhara, Ronny Pattinasarany, Risdianto, Andi Lala, Anjas Asmara, Waskito dan mantan pemain Soetjipto Soentoro kekuatan.
Sejarah Sepak Bola Indonesia
Timnas 1970 an








Sejarah Sepak Bola Indonesia
 Sejarah Sepak Bola Indonesia
Timnas Indonesia 1980 an


 Sejarah Sepak Bola Indonesia
 Timnas Indonesia 1990 an



Timnas Indonesia 2000






Timnas Indonesia 2010


Demikian Sejarah Sepak Bola Indonesia, Setelah itu sepak bola Indonesia secara bertahap menurun. Akhirnya mereka memenangkan SEA Games 1991 di Manila, Filipina. Dalam kualifikasi Piala Dunia, kinerja terbaik hanya dicapai bila Indonesia berhasil lolos ke finals.But telah kandas di tangan Korea Selatan 1-6 di agregat.
Di Asian Games, Indonesia meraih medali perunggu setelah menembus semifinal namun kalah dari Kuwait dalam perlombaan untuk pihak ketiga. Pemain pada waktu itu adalah Ricky Yakobi terkenal. Mengejutkan voli tendangan lawan saat Indonesia melawan Uni Emirat Arab dengan jarak yang cukup jauh di luar kotak penalti.
Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar