----

---

Minggu, 05 Mei 2013

Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi. >Raja herbal, Khasiat Daun Kemangi  dan ramuan kemangi adalah yang tertua dan sangat populer , karena tanaman herbal ini kaya manfaat kesehatan dan banyak mengandung gizi dan nutrisi penting nabati. Herbal yang sangat berharga dan dihormati sebagai "ramuan suci" dalam banyak tradisi di seluruh dunia.
Kemangi termsuk dalam keluarga Lamiaceae, dari genus: Ocimum. Nama ilmiahnya adalah "basilicum Ocimum."
Asia daun kemangi-pink kemangi-close up kemangi Mediterania
Asia atau "suci" kemangi (Ocimum sanctum). Besar, tanaman berbulu dengan bunga pink dan daun pink. Kemangi Asia, menutup pandangan. Mediterania selasih
(Ocimum basilicum). Catatan untuk daun halus berwarna hijau tua.


Kemangi berasal dari Iran, India dan daerah tropis lainnya di Asia. Tanaman herbal ini tumbuh lebat sepajang tahunan dan ditanam untuk manfaat daun dan biji nya. Kemangi atau Basil tumbuh terbaik di cuaca hangat,atau iklim tropis. Kemangi sepenuhnya-tumbuh mencapai pada rata-rata sekitar 100 cm. Daun hijau muda, halus sekitar 2,5 inci panjang dan 1 inci luas dengan pengaturan yang berlawanan. Bunga-bunga yang cukup besar, putih dan diatur dalam terminal spike.

Varietas kemangi ramuan ada. "Mediterania" kultivar biasanya disebut selasih, memiliki daun yang berlawanan dengan "kemangi Asia" (Ocinum sanctum) yang menampilkan besar, batang dan tangkai berbulu dengan bunga merah muda, daun ungu atau merah dan memiliki kuat 'cengkeh' seperti rasa hijau muda. Ada juga basil lemon, yang memiliki "lemon" rasa. Thai basil (O. basilicum 'Horapha') mirip dengan kemangi dalam karakteristik Asia, tetapi fitur sempit, runcing, warna hijau muda daun dengan aroma licorice yang manis.

Manfaat kesehatan dari Basil ramuan

Khasiat Daun Kemangi
    Daun kemangi mengandung banyak tanaman terkenal senyawa kimia yang berasal yang diketahui memiliki penyakit pencegahan dan promosi kesehatan properti.

    Basil ramuan mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini telah diuji laboratorium in-vitro untuk kemungkinan perlindungan anti-oksidan melawan radiasi lipid per-oksidasi dalam hati tikus.

    Daun kemangi mengandung banyak manfaat kesehatan minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonen dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

    Bagian Tumbuh-tumbuhan 'sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, tetapi sumber yang sangat kaya banyak nutrisi penting, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.

    Basil ramuan mengandung tingkat yang sangat tinggi dari beta-karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea-xanthin. Senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung perlindungan terhadap radikal bebas oksigen yang diturunkan dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.

    Zea-xanthin, senyawa karotenoid kuning flavonoid, secara selektif diserap ke dalam makula lutea retina di mana ia ditemukan untuk menyaring sinar UV yang berbahaya dari mencapai retina. Studi menunjukkan bahwa herbal umum, buah-buahan, dan sayuran yang kaya zea-xanthin anti-oksidan membantu melindungi penyakit makula yang berkaitan dengan usia dari (AMRD), terutama pada orang tua.

    100 g daun herba segar mengandung mencengangkan 5275 mg atau 175% dari dosis harian yang diperlukan vitamin A. Vitamin A dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit. Konsumsi makanan alami kaya vitamin-A telah ditemukan untuk membantu tubuh melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut.

    Vitamin K dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor koagulan dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.

    Basil ramuan mengandung baik jumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

    Daun kemangi merupakan sumber zat besi, mengandung 3,17 mg/100 g daun segar (sekitar 26% dari RDA). Besi, menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah, menentukan kapasitas oksigen pembawa darah.



Lihat tabel di bawah ini untuk analisis mendalam nutrisi:


Basil ramuan (Ocimum basilicum), daun segar,
Nilai nutrisi per 100 g.
(Sumber: USDA Nutrient data base Nasional) Prinsip Gizi Nilai Persentase RDA
Energi 23 Kcal 1%
Karbohidrat 2,65 g 2%
Protein 3,15 g 6%
Total Lemak 0.64 g 2%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 1,60 g 4%
Vitamin
Folat 68 mg 17%
Niacin 0.902 mg 6%
Asam pantotenat 0,209 mg 4%
Pyridoxine 0,155 mg 12%
Riboflavin 0,076 mg 6%
Thiamin 0,034 mg 2,5%
Vitamin A 5275 IU 175%
Vitamin C 18 mg 30%
Vitamin E 0,80 mg 5%
Vitamin K 414,8 ug 345%
Elektrolit
Sodium 4 mg 0%
Kalium 295 mg 6%
Bahan galian
Kalsium 177 mg 18%
Tembaga 385 mg 43%
Besi 3.17 mg 40%
Magnesium 64 mg 16%
Mangan 1,15 mg 57%
Zinc 0.81 mg 7%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 3142 ug -
Crypto-xanthin-ß 46 ug -
Lutein-zeaxanthin 5650 ug -
Seleksi dan penyimpanan

Tanaman kemangi dapat tumbuh dalam pot di halaman belakang sehingga daun segar yang tersedia untuk digunakan kapan pun diperlukan.


Kemangi herba segar harus disimpan dalam lemari es ditetapkan pada kelembaban yang tepat. Kemangi kering harus disimpan dalam wadah kaca tertutup rapat di tempat yang dingin, gelap dan kering di mana ia akan tetap segar selama enam bulan.

Cara Penggunaan
Cuci Basil segar dalam air dingin atau berkumur selama beberapa menit untuk menghilangkan debu atau residu pestisida. Dalam rangka untuk menjaga aroma dan rasa utuh, umumnya ditambahkan pada saat terakhir dalam resep memasak, karena hasil masakan berkepanjangan di penguapan minyak esensial.

Daun kemangi digunakan untuk rasa apapun sayuran, unggas, atau hidangan daging. Ramuan ini juga digunakan dalam tomat dan telur piring, semur, sup, dan salad.


    Daun kemangi segar atau kering yang digunakan dalam Sup, Pendamping lalapan. dan makanan lain.
Khasiat Daun Kemangi
 

    Minuman yang terbuat dari biji Kemangi populer di beberapa negara Asia.

Khasiat Daun Kemangi

Penggunaan Kemangi Sebagai Obat  Herbal


Khasiat Daun Kemangi    Daun kemangi mengandung manfaat kesehatan minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene, dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

    Minyak esensial yang penting, eugenol telah ditemukan memiliki fungsi anti-inflamasi dengan bertindak melawan enzim cycloxygenase (COX), yang menengahi kaskade inflamasi dalam tubuh. Ini efek enzim-menghambat dari eugenol dalam kemangi membuat obat penting untuk mengurangi gejala-gejala pada individu dengan masalah kesehatan inflamasi seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, dan kondisi peradangan usus.

    Khasiat Daun Kemangi juga ada pada Minyak kemangi , dan secara herbal juga telah ditemukan memiliki fungsi anti-infeksi dengan menghambat banyak bakteri patogen seperti Staphylococcus, enterococci, Shigella dan Pseudomonas.

   Khasiat Daun Kemangi pada daunnya, dengan menggunakannya sebagai minuman teh (kemangi diseduh air) membantu meringankan mual dan diperkirakan memiliki fungsi anti-septik ringan. (Medical disclaimer).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar