----

---

Rabu, 22 Mei 2013

Apa Itu Air Raja Dan Cara Membuatnya

Air RajaApa Itu Air Raja Dan Cara Membuatnya, Air Raja adalah nama lain dari Aqua Regia, yaitu cairan kimia yang biasa digunakan dalam proses ekstraksi logam berharga.Cara membuat larutan Aqua Regia atau Air Raja.

Apa Itu Air Raja .., Larutan aqua Regia atau biasa di kenal dengan istilah air raja di kita adalah cairan yang sangat berguna untuk proses ekstraksi logam berharga seperti emas, palladium ataupun platinum. Cara membuatnya adalah dengan mencampur larutan HCL (asam klorida) dengan HNO3 (asam nitrat) dengan perbandingan 3:1 atau bisa 4:1


4HCL + 1HNO3
 ex: 400ml HLC + 100ml HNO3

untuk melarutkan 1 gram emas di perlukan sekitar 40ml larutan AR yang di buat dari 32ml HCL dan 8ml HNO3 (rerefensi dari ebook C.M Hoke).
Air Raja Air Raja
 Apa Itu Air Raja berfungsi dalam pengolahan Logam-logam mulia seperti emas,platinum dan palladium akan larut dalam larutan aqua regia (AR) sedangkan perak akan larut dan kemudian mengendap lagi dalam bentuk endapan perak klorida (endapan putih).

 Apa Itu Air Raja , Hati-hati !!! Untuk mempercepat reaksi bisa dengan sedikit pemanasan akan tetapi perlu hati-hati dengan asap yang di hasilkan karena sangat beracun dan jika terhirup dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematian. Selalu lakukan proses ektraksi logam mulia dengan larutan AR di luar ruangan atau di ruangan yang memiliki cerobong untuk ventilasi keluarnya asap beracun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar