----

---

Minggu, 28 April 2013

Cara Tali Temali Untuk Pramuka dan Manfaat Lainnya

Tehknik atau cara tali temali ternyata sangat bermanfaat untuk kita, bukan hanya saat kita ikut kegiatan Pramuka, tetapi lebih ke penerapannya pada kehidupan sehari-hari. Untuk anda yang bekerja di alam bebas, Pecinta alam, di atas kapal laut dll.

Di bawah ini adalah cara tali temali yang mungkin bisa membantu anda untuk keperluan apapun.Tehnik Tali Pramuka maupun kegiatan Temali di Alam Bebas lainnya.
Simpul sendiri dijelaskan yang fungsinya satu buah ikatan yang kuat tetapi simple di uraikan kembali. Pelajaran tentang simpul pada umumnya sejak SD di ajarkan di pramuka, tetapi pada umumnya pun lupa dikarenakan tak pernah atau tidak sering di praktekkan.

1. Simpul tali delapan
Simpul tali delapan ini akibat bentuk simpulnya serupa angka delapan, prinsip pembuatannya pun pada waktu saya di ajarkan adalah dengan membentuk angka delapan. Ikuti alur angka delapan, dan anda akan mempunyai simpul tali delapan. Kegunaanya bagi mengaitkan tali ke satu cantolah (istilah orang jawa, batang terbuka bisa jadi tepatnya). Jadi ini bagi mengaitkan tak mengikatkan, kalau mengikatkan tersebut seperti batang pohon dimana kami tak bisa memasukan tali dari atas (batang nya cukup tinggi). Kalau mengaitkan tersebut seperti di pager, atau patok, jadi tali tersebut kami dapat masukan dari atas. Paham ya maksudnya.
cara tali temali




2. Simpul tali Bowline/ tiang


Simpul ini mempunyai kesaman kegunaan seperti simpul delapan, tetapi pula dapat bagi mengikat. Contohnya kami bersedia mengikat tali di batang pohon tidak kecil, bisa kami pakai simpul ini. Metode memproduksinya pun cukup simple, tinggal mengikuti alur dari gambar di atas.

3. Simpul tali mati
cara tali temali
Simpul mati berkhasiat bagi menyambung dua tali yang serupa tidak kecil. Selebihnya simpul mati berkhasiat bagi mengakhiri satu buah ikatan bagi ikatan tak kembali kendur.

4. Simpul tali anyam
cara tali temali pramuka
Cara tali temali ini digunakan bagi menyambung dua tali/ tambang bagi menghasilkan tali gabungan yang lebih panjang. Simpul ini berkhasiat bagi menyambungkan tali yang ukuran nya berlainan, tak serupa, misalnya lebih besar dan tali yang lebih kecil.

5. Simpul tali pangkal
cara tali temali
cara tali temali
Simpul tali ini faktanya di pakai bagi menjadikan anchor /penambat, mengikat tandu. Tetapi simpul ini bisa pula bagi mengikat di pohon, akibat simpul ini punya keuntungan bila makin di tarik talinya, maka simpulnya pun akan makin kencang, jadi makin kuat ikatannya.

Metode membuatnya, kami buat dua ikatan melingkar seperti gambar paling atas. Setelah tersebut, kami tindihkan ikatan yang nomer dua ke nomer pertama, jadinya urutan dari atas adalah ikantan kedua baru yang pertama.

Itulah banyak simpul cara tali temali yang sangat memiliki manfaat di alam bebas, tentu masih segudang tetapi kami tak harus bagi mempelajari keseluruhan yang ada. Selamat mempelajari tehnik tali temali dan semoga berguna.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar