----

---

Selasa, 30 April 2013

Apa itu Fermentasi ??

Apa itu FermentasiGadohotz>>Pertanyaan: Apa itu Fermentasi?, dan Jawabannya adalah : Fermentasi adalah proses metabolisme di mana suatu organisme mengubah karbohidrat, seperti pati atau gula, menjadi alkohol atau asam. Misalnya, ragi melakukan fermentasi untuk memperoleh energi dengan mengubah gula menjadi alkohol. Bakteri melakukan fermentasi, mengubah karbohidrat menjadi asam laktat.
Fermentasi adalah proses yang digunakan untuk menghasilkan anggur, bir, yogurt dan produk lainnya. Berikut adalah melihat proses kimia yang terjadi selama proses fermentasi.

Sejarah Fermentasi
Fermentasi adalah proses alami. Orang melakukan kegiatan fermentasi untuk membuat produk seperti anggur, madu, keju dan bir jauh sebelum proses biokimia dipahami. Pada tahun 1850-an dan 1860-an Louis Pasteur menjadi zymurgist pertama atau ilmuwan yang mempelajari fermentasi ketika ia menemukan fermentasi disebabkan oleh sel-sel hidup.
Contoh Produk Dibentuk oleh Fermentasi
Kebanyakan orang menyadari makanan dan minuman yang merupakan produk fermentasi, tetapi mungkin tidak menyadari banyak produk hasil industri yang penting dari Apa Itu Fermentasi.

  •     bir
  •     anggur
  •     yogurt
  •     keju
  •     makanan asam tertentu yang mengandung asam laktat, termasuk sauerkraut, kimchi dan pepperoni
  •     roti leavening oleh ragi
  •     pengolahan limbah
  •     beberapa produksi alkohol industri, seperti untuk biofuel
  •     gas hidrogen

Fermentasi Etanol
Ragi dan bakteri tertentu melakukan fermentasi etanol yang mana piruvat (dari metabolisme glukosa) dipecah menjadi etanol dan karbon dioksida. Persamaan kimia bersih untuk produksi etanol dari glukosa adalah:

C6H12O6 (glukosa) → 2 C2H5OH (etanol) + 2 CO2 (karbon dioksida)

Fermentasi etanol digunakan dalam produksi bir, anggur dan roti. Ini perlu dicatat bahwa fermentasi di hadapan tingkat tinggi hasil pektin dalam produksi sejumlah kecil metanol, yang beracun bila dikonsumsi.
Lactic Acid Fermentasi
Molekul-molekul piruvat dari metabolisme glukosa (glikolisis) dapat difermentasi menjadi asam laktat. Fermentasi asam laktat digunakan untuk mengkonversi laktosa menjadi asam laktat dalam produksi yoghurt. Hal ini juga terjadi pada otot hewan ketika jaringan membutuhkan energi pada tingkat yang lebih cepat daripada oksigen dapat diberikan. Persamaan berikutnya untuk produksi asam laktat dari glukosa adalah:

C6H12O6 (glukosa) → 2 CH3CHOHCOOH (asam laktat)

Produksi asam laktat dari laktosa dan air dapat diringkas sebagai:

C12H22O11 (laktosa) + H2O (air) → 4 CH3CHOHCOOH (asam laktat)


Demikian diatas adalah jawaban singkat dari pertanyaan Apa Itu Fermentasi. Semoga bermanfaat dan memuaskan keingin tahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar